Rabu, 26 Juni 2013

FORUM BUDIDAYA AIR TWAR


Konsolidasi Pengembangan Budidaya Air Tawar

------------------------------------------------------------------------------------------------

Sebagai wujud nyata dalam implementasinya pada proses usaha budidaya ikan air tawar diperlukan dukungan teknologi yang produktif, ramah lingkungan dan memenuhi jaminan mutu dan keamanan pangan (food safety). Berdasarkan kondisi tersebut, sosialisasi Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB), koordinasi dan tukar menukar informasi antar berbagai pihak yang terkait dalam pengembangan budidaya ikan air tawar
melalui kegiatan Forum Budidaya Air Tawar yang dilaksanakan di Bandung Provinsi Jawa Barat perlu dilakukan selain guna memacu sasaran produksi ikan yang berdaya saing dan berkelanjutan serta sekaligus mendukung percepatan pencapaian sasaran produksi perikanan budidaya Tahun 2010 sampai dengan 2014.

Forum Budidaya Air Tawar diselenggarakan di Hotel Golden Flower-Bandung dari tanggal 3 s/d 5 Juni 2013 dan dibuka secara langsung oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya. Peserta yang hadir antara lain :  Direktur dan Wakil dari Direktorat lingkup DJPB, Kasubdit Lingkup Direktorat Produksi, Wakil dari Ditjen P2HP, UPT Budidaya Air Tawar (Sukabumi, Jambi, Mandiangin, Karawang, Tatelu), Dinas KP Provinsi & Kab/Kota (Batam, Muaro Jambi, Pesawaran, DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Serang, Pandeglang, Subang, Cianjur,  Purwakarta, Garut, Pekalongan, Probolinggo, Situbondo, Lombok Timur, Banjar, Tangerang, Pati, Jepara, Bogor, Klaten, Bandung, Banjarnegara) yang mengembangkan komoditas lele, patin, nila, sidat dan udang galah), Eksportir sidat (PT. Java Suisan Indah), Pembudidaya ikan lele, patin, nila, sidat dan udang galah serta Asosiasi komoditas ikan air tawar dan Perbankan (Bank BRI).

Maksud pelaksanaan Forum Budidaya Air Tawar yaitu melakukan koordinasi dan tukar menukar informasi antar berbagai pihak yang terkait dalam pengembangan budidaya ikan air tawar dalam mendukung percepatan pencapaian sasaran produksi perikanan budidaya Tahun 2010 s/d 2014.

Beberapa  rekomendasi penting  yang harus segera ditindaklanjuti dalam rangka  mendukung percepatan pengembangan  usaha budidaya air tawar, antara  lain sebagai berikut :

  • Dalam upaya pengembangan minapadi sebagai bagian dari implementasi “Gerakan Sejuta Hektar Minapadi” (Gentanadi),  Kementerian Kelautan dan Perikanan telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Pertanaian, yaitu dengan telah disetujuinya Nota Kesepahaman No 12/DPB/KKP/KB/III/21013 antara Ditjen Perikanan Budidaya dengan Ditjen Tanaman Pangan tentang Pengembangan Minapadi.
  • Budidaya sistem bioflok merupakan salah satu teknologi budidaya lele intensif yang sangat aplikatif, sehingga tidak menjadi masalah dalam pengembangan budidaya lele nasional.
  • Ketersediaan benih yang bermutu masih menjadi masalah bagi pembudidaya lele. Indikasi penurunan kualitas benih karena pertumbuhan tidak merata. Saat panen benihnya, 10% berukuran besar dan 60% ukuran standar dan 30% berukuran kecil. Waktu pemeliharaan menjadi lebih lama, jadi 70 hari dari sebelumnya 50 hari sehingga kebutuhan pakan makin banyak.
  • Perlu dikembangkan produk perikanan yang mempunyai pasar universal untuk mengembangkan pasar produk perikanan secara kontinyu dan berkelanjutan.
  • Strategi dasar dan strategi operasional peningkatan produksi perlu ditingkatkan dan dikembangkan CBF dan CBA.
  • Strategi operasional perlu peningkatan sinergisitas dalam suatu kawasan dan komoditas strategis dengan Eselon I Lingkup KKP dan lintas sektor dengan memberdayakan kelompok pembudidaya yang sudah mapan.
  • Model pembiayaan kepada pembudidaya dapat dilakukan oleh perbankan, dengan peran pemerintah melalui pembinaan teknologi, pengembangan SDM, pembinaan manajemen serta fasilitasi permodalan. Untuk mempermudah pembudidaya mengakses perbankan, diharapkan Bank memberikan kemudahan persyaratan seperti grace period lebih lama dengan bunga 0% ataupun bentuk kolateral.
  • Perlu adanya penambahan luas lahan di BLUPPB Karawang untuk memenuhi kebutuhan bahan baku fillet dengan target produksi 5 ton/hari atau untuk memproduksi fillet 300 ton/tahun.
  • Melaksanakan pengawasan pakan mandiri berbahan baku lokal untuk menjaga kualitas pakan terhadap konversi mutu daging ikan;
  • Industrialisasi tidak hanya pada komoditas udang, rumput laut, ikan bandeng dan patin tetapi kedepan komoditas  budidaya air tawar lainnya seperti udang galah, nila, lele, gurame, sidat dll. dapat menjadi komoditas industrialisasi yang penting dapat mengawal dari hulu hingga hilir sehingga menjadi suatu rangkaian kegiatan yang terintegrasi secara utuh.
  • Balai-Balai/UPT/UPTD perlu didorong untuk memproduksi induk unggul udang galah dan benih bermutu dalam membangkitkan kejayaan budidaya udang galah dengan memproduksi dengan kualitas dan kuantitas secara kontinyu.
  • Dalam upaya memberikan jaminan kepastian kepemilikan lahan Ditjen Perikanan Budidaya telah bekerja bekerjasama dengan BPN untuk mensertifikasi lahan pembudidaya untuk memberikan kepastian berusaha diharpkan selesai sampai dengan Tahun 2014.
  • Peneliti disarankan memperbanyak produksi isolat-isolat lokal dan tidak tergantung pada isolat luar negeri yang umumnya merupakan produk GMO.
  • Dalam pelaksanaaan Gerakan Vaksinasi Ikan (GERVIKAN) perlu diikuti dengan penguatan laboratorium dan SDM vaksinator bersertifikat LSP.
  • Ditjen Perikanan Budidaya perlu melaksanakan monitoring dan evaluasi performance dan distribusiannya terhadap induk-induk unggul yang telah dirilis.
  • Tindak lanjut hasil teknologi minapadi, ugadi, kolam dalam dan manajemen pakan agar ditindaklanjuti oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi/Kabupaten.
  • Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota agar menindaklanjuti tawaran Bank BRI terhadap dukungan pembiayaan Perikanan Budidaya dengan melakukan identifikasi kepada kelompok yang mandiri/Bankable

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mohon ijin Bapak ibu yang terhormat...saya Ali Jogja Tlp. 081578822954 / 081326045079 petani benih ikan air tawar menawarkan benih ikan lele, gurame, bawal, grasscap, nila, dll bagi rekan-rekan petani ikan dan broker benih ikan di seluruh Indonesia

Spongebob.NET mengatakan...


IKAN
KHUSUS ANDA PARA PETERNAK IKAN ATAU GARAM ATAU YANG LAINNYA
Untuk mendapatkan hasil panen ikan yang berlimpah tentunya anda membutuhkan peralatan khusus agar ikan ikan anda nantinya bias berkembang dengan sehat dan semua peralatan tentang yang berhubungan dengan itu semua bisa anda dapatkan hanya ditokokami dengan harga murah dan sangat terjangku dari pada tokolainnya serta mendapat jaminan garansi yang jelas dan hargapun bias anda nego.. hanya dengan mengunjungi toko kami di
http://www.phmetermurah.com/
https://www.tokopedia.com/phtester

ANDA TIDAK PERLI KHAWATIR, KARENA JIKA BARANG YANG KAMI JUAL TIDAK SESUAI DENGAN DISKRIPSI ATAUPUN RUSAK MAKA UANG ANDA KEMBALI 100%

MOTTO KAMI “PELAYANAN DAN KUALITAS LEBIH UTAMA DARIPADA SEGALANYA”
pada WEB diatas anda akan mendapatkan segala bentuk alat alat pertanian ataupun alat peternakan , perikanan dan alat ukur lainnya dengan harga lebih murah dari pada toko lainnya :

HARGA BISA DI NEGO TERGANTUNG LOBI YANG ANDA LAKUKAN TENTUNYA

KHUSUS PEMESANAN DI BULAIN INI KAMI ADA PROMO KHUSUS UNTUK ANDA JADI SEGERA KUNJUINGI TOKO KAMI